Kunjungi Website Baru Kami di PackagingHouse.Co.id

Dapatkan Informasi Produk Terbaru & Lebih Lengkap

 

PHI NEW

 


Faq

Question : 

Apa itu Plastik ?


Answer   :

Plastik adalah senyawa polimer yang terbentuk dari polimerisasi molekul- molekul kecil (monomer) hidrokarbon yang membentuk rantai yang panjang dengan struktur yang kaku. Plastik merupakan senyawa sintesis dari minyak bumi (terutama hidrokarbon rantai pendek) yang dibuat dengan reaksi polimerisasi molekul- molekul kecil (monomer) yang sama , sehingga membentuk rantai panjang dan kaku dan akan menjadi padat setelah temperatur pembentukan nya.


Question : 

Apa plastik jenis PET ?


Answer   :

PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik tembus pandang/ transparan seperti botol air mineral, botol minuman, botol jus, botol minyak goreng, botol kecap, botol sambal, botol obat, dan botol kosmetik dan hampir semua botol minuman lainnya. 


Question : 

Apa plastik jenis HDPE ? 

 

Answer   :

HDPE (high density polyethylene) memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. HDPE biasa dipakai untuk botol kosmestik, botol obat, botol minuman, botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan jerigen, pelumas, dan lain- lain. Walaupun demikian HDPE hanya direkomendasikan untuk sekali pakai, karena pelepasan senyawaSbO3(Antimon Trioksida) terus meningkat seiring waktu. Bahan HDPE bila ditekan tidak kembali ke bentuk semula.

 

Question : 

Apa plastik jenis PVC ?

 

Answer   :

PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Jenis plastik PVC ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), untuk mainan, selang, pipa bangunan, taplak meja plastik, botol kecap, botol sambal dan botol sampo. PVC mengandung DEHA yang berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang dikemas dengan plastik berbahan dapat terkontaminasi karena DEHA melebur/ lumer pada suhu -150C. DEHA juga mudah melebur jika terdapat kontak antara permukaan plastik dengan minyak.

 

Question : 

Apa plastik jenis LDPE ?

 

Answer   :

LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. LDPE dipakai untuk tutup plastik, kantong / tas kresek dan plastik tipis lainnya. Walaupun baik untuk tempat makanan, barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan. Beberapa sifat dari plastik jenis LDPE :

• Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan

permukaan agak berlemak. Pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa

kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.

• Plastik ini dapat di daur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.

• Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

 

 

Question : 

Apa plastik jenis PP ?

 

Answer   :

Plastik jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik yang cukup baik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, tutup botol, cup plastik, mainan anak, botol minum dan yang terpenting, pembuatan botol minum untuk bayi. Bahan yang terbuat dari PP memiliki sifat yang elastis, yaitu apabila ditekan akan kembali ke bentuk semula., PP– PP polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

Karakteristik plastik jenis PP adalah biasa nya botol transparan yang tidak jernih atau berawan.Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap



Question :

Apa plastik jenis PS ?


Answer   :

PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman, secara tidak sengaja.PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makanstyro foam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahanstyrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan,styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untukkesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, danpertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit
didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.

Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6, namun bilatidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik,bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (namun caraterakhir ini sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan iniakan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga, dan meninggalkan jelaga. Bahan ini sebaiknya dihindari, karena berbahaya untuk kesehatan, selain itu bahan ini sulit didaur ulang, Banyak negara



Question : 

Makanan dengan kandungan asam tinggi sebaiknya disimpan dengan menggunakan   penutup plastik dan bukan aluminium foil.

Answer   :

BETUL. Makanan jenis ini, seperti tomat, jeruk dan aneka berri, bereaksi terhadap aluminum foil  yang kemudian bisa membuat makanan di dalamnya berasa logam. Jadi, simpanlah makanan dengan kandungan asam tinggi tadi dalam kemasan plastik. Sedangkan sayur mayur, baik mentah maupun matang, bisa disimpan menggunakan kemasan foil.


Question : 

Kemasan plastik akan men­jaga potongan apel, pisang, peach dan avokad tak berubah warnanya menjadi cokelat.


Answer   :

BETUL. Bila digunakan secara benar karena buah-buahan tersebut memiliki kandungan fenol yang tinggi. Unsur fenol ini bila bersenyawa dengan oksigen di udara akan membuat buah-buah tersebut yang sudah dalam bentuk potongan berubah warna menjadi kecokelatan.

       Untuk menghindari tampilan yang kurang menggugah selera ini, pastikan udara yang ada di antara kemasan plastik dan di atas buah sudah keluar semua. Perlakuan serupa juga bisa Anda lakukan terhadap guacamole  yang tersisa. Saat menutup, pastikan plastik betul-betul menutup rapat wadah penyimpanan tanpa ada goresan sedikit pun. Udara yang masuk ke dalamnya akan mempercepat proses pembusukan hingga tak lagi bisa dimanfaatkan di lain waktu.


Question : 

Bukan ide cerdas untuk membungkus keju dalam kemasan plastik. Rasa kejunya jadi     aneh.


Answer   :

BETUL dan SALAH, tergantung pada jenis kejunya. Kemasan plastik bisa menjadi sahabat baik sekaligus musuh yang jahat. Keju biru dengan kandungan air yang tinggi, seperti roquefort (keju biru), tak baik diletakkan dalam kemasan plastik karena akan merusak kualitas keju.

Yang pasti, kalau kemasannya sudah terbuka, tidak ada satu jenis keju pun yang mampu bertahan diekspos di udara terbuka. Termasuk jenis keju yang paling lembut sekalipun, seperti brie  dan aneka keju cetakan lainnya.

Guna mempertahankan aroma gurih khas keju, bungkuslah keju lebih dulu dengan kertas lilin atau kertas kulit sebelum membungkusnya secara longgar dengan selembar plastik kemasan. Penggunaan kemasan plastik secara langsung amat disarankan pada keju yang telah matang sempurna. Sementara pada jenis keju “keras” sebaiknya menggunakan kertas kulit lebih dulu, diantaranya keju jenis cheddar , parmesan dan keju Swiss. Itu pun dengan catatan, keju-keju tersebut tidak disimpan terlalu lama

Kemasan plastik menjaga es krim agar tidak cepat meleleh dan lelehannya kemudian menimbulkan percikan api di freezer .

BETUL. Tapi, jangan hanya melapisi es krim sekadarnya dengan plastik kemasan. Melainkan tutuplah rapat-rapat agar udara di atas permukaan es krim tidak keluar yang bisa menyulut percikan api dalam freezer .

 


customer service


q 
q


By: TwitterButtons.com